728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, October 20

10 Kota Paling Berwarna di Dunia


Willemstad Netherlands Antilles

Terdapat keunikan dan ciri khas di kota-kota yang penuh warna lebih dari sekedar kemegahan bangunan, tumpukan beton dan modernisasi. Warna-warna di kota menunjukkan ciri khas, budaya, kreativitas dan sejarah.

Warna-warna cerah ini dapat mengubah tampilan kota secara signifikan. Bahkan ketika Edi Rama menjadi walikota Tirana, ibukota Albania, pada tahun 2000 dia mengkampanyekan untuk menambahkan warna ke kota setelah runtuhnya rezim komunis. Aprtemen dan bangunan umum diwarnai dengan warna-warna cerah seperti warna pink, hijau, biru dan merah.

Berikut ini kota-kota penuh warna cerah, mulai dari Guanajuato di Meksiko hingga Kota Biru Jodhpur di India.


1. Guanajuato City, Meksiko

Guanajuato City

Terletak di pegunungan Sierra de Guanajuato, berdiri salah satu kota indah Guanajuato. Kota ini didirikan pada tahun 1554 dekat dengan tambang perak terkaya di daerah Meksiko. Booming tambang pada abad ke 16 mengakibatkan pembangunan bangunan indah bergaya kolonial.

Guanajuato City

Jalanan dan lorong kota Guanajuato yang penuh dengan warna tersebar di segala arah, sementara sebagian besar lalu lintas kendaraan umum melalui terowongan bawah tanah, sehingga kota sangat nyaman bagi para pejalan kaki.


2. Willemstad, Netherlands Antilles

Willemstad Netherlands Antilles

Willemstad adalah kota utama dari Curacao yang terletak di sebelah selatan pulau. Arsitektur kolonial Belanda Willemstad terlihat indah dan menyatu dengan perairan Karibia.

Willemstad Netherlands Antilles

Pusat sejarah kota terdiri dari dua bagian: Punda dan Otrobanda. Distrik Punda merupakan area perbelanjaan utama dan pusat pemerintahan Antilles Belanda. Merupakan distrik tertua Willemstad yang didirikan pada tahun 1634. Bangunan dengan warna-warna cerah dan beragam membuat para turis ingin berjalan menikmati pemandangan kota yang unik.


3. Valparaiso, Chile

Valparaiso Paisaje Chile

Valparaiso adalah sebuah kota dan commune (pusat kota) negara Chili, pusat conurbation (suatu kawasan tempat bergabungnya beberapa kota) terbesar ketiga di dunia, salah satu kota pelabuhan terpenting di Chili dan pusat kebudayaan di Amerika Latin.

Valparaíso Chile

Rumah-rumah di kota ini dihiasi berbagai warna-warna cerah. Hal ini disebabkan, pada jaman dahulu ketika kapal-kapal yang sedang bersandar di dermaga akan diperbaiki dan dicat ulang, mereka akan meninggalkan cat ekstra di dermaga. Penduduk kota akan mengambil apapun yang dapat diambil untuk mewarnai rumah mereka. Rumah-rumah penuh warna telah menjadi ciri khas Valparaiso.


4. St. Jhon’s, Newfoundland, Canada

St. John's Newfoundland Canada

St. Jhon adalah ibukota dan kota terbesar di daerah Newfoundland dan Labrador, Canada dan merupakan kota utama dari St. Jhon’s Metropolitan Area. Terletak di ujung paling timur Semenanjung Avalon, pulau Newfoundland.

St. John's Newfoundland Canada

St Jhon merupakan kota yang penuh warna, rumah-rumah tua dengan kayu berwarna cerah.


5. Manarola, Italy

Manarola Italy

Manarola merupakan kota tertua di Cinque Terre, berada di tepi pegunungan Riviera, Italia. Kota ini memiliki pemandangan indah laut Mediterania.

Manarola Italy

Dengan berjalan melalui jalanan yang berliku para turis dapat menikmati secangkir kopi espresso di salah satu kafe outdoor dan menikmati pemandangan indah laut mediterania.


6. Wroclaw, Poland

Wroclaw Poland

Kota Wroclaw merupakan salah satu kota yang paling indah di Polandia. Alun-alun kota mengingatkan kembali nuansa abad ke 12 dengan arsitektur bangunan bergaya Gothic.

Wroclaw Poland

Seperti pada sebagian besar negara di Eropa, kota Warsaw memiliki hubungan kuat dengan Katolik Roma. Pada kota terdapat katredal yang penuh dengan warna yang menghiasi kota.


7. Lima, Peru

Lima Peru

Tidak seperti kota lainnya di daftar ini, kota lima merupakan kota yang sangat sibuk. Kota Lima merupakan perpaduan yang unik antara budaya asli dan asing. Kota ini terkenal dengan gaya arsitekturnya yang bervariasi.

Lima Peru

Bangunan bergaya Spanish baroque, French neoclassicism dan art noveau menghiasi kota dengan penuh warna.


8. Utrecht, Netherlands

Utrecht Canal

Kota Utrecht merupakan kota terpadat di propinsi Utrecht Belanda. Terletak di sebelah timur paling ujung Randstad dan merupakan kota terbesar keempat di Belanda dengan jumlah populasi 307.000.

Utrecht Netherlands

Pusat kota Utrecht memiliki banyak bangunan dari abad pertengahan. Kota ini dikenal sebagai kota pendidikan dan budaya. Univeritas Utrecht yang merupakan universitas terbesar di Belanda juga berada di kota ini.


9. Stockholm, Sweden

Stockholm Sweden

Kota Stockholm merupakan salah satu ibukota terindah di dunia, dibangun di atas 14 pulau yang dihubungkan oleh 57 jembatan. Kota ini berdiri pada abad ke 12, dan telah lama menjadi salah satu pusat budaya, politik dan ekonomi Swedia.

Stockholm Sweden

Bangunan indah, udara segar, pemandangan hijau, berlimpah air merupakan ciri khas dari kota Stockholm. Kota ini juga sering dijuluki Venesia dari utara.


10. Jodhpur, India

Jodhpur India

Di tengah padang gurun Thar yang tandus terletak kota Jodhpur, terkenal dengan julukan Kota Biru. Dijuluki Kota Biru karena setiap bangunan rumah yang terletak di dalam benteng diwarnai dengan warna biru. Apabila dilihat dari atas kota ini terlihat seperti titik biru di tengah-tengah gurun Thar.

Jodhpur India

Masih belum diketahui mengapa penduduk di Jodhpur mewarnai rumah mereka dengan warna biru, hal ini diduga berhubungan dengan sistem kasta yang ada di India. Jodhpur merupakan kota bersejarah penuh benteng, istana dan kuil.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 10 Kota Paling Berwarna di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Dhinta Putri