728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, October 16

10 Perpustakaan Terindah di Eropa


Perpustakaan telah menjadi pilar bagi ilmu pengetahuan dan juga merupakan rumah yang luar biasa bagi arsitektur. Berikut ini adalah beberapa perpustakaan menakjubkan yang terletak di Eropa. Mulai dari masa lalu menuju era modern, pusat ilmu pengetahuan dan pembelajaran ini juga menyimpan nilai-nilai sejarah dan budaya.


1. National Library in Vienna, Austria

the most beautiful libraries

Austrian National Library adalah perpustakaan terbesar di Austria yang menyimpan 7,4 juta koleksi buku. Perpustakaan ini terletak di dalam istana Hofburg di Wina, Austria. Didirikan oleh keluarga kerajaan Habsburg, perpustakaan ini awalnya bernama “Hof-Bibliothe” (Perpustakaan Kerajaan) dan pada tahun 1920 nama perpustakaan berubah menjadi seperti sekarang ini.


2. Abbey Library in Admont, Austria

the most beautiful libraries

Abbey Library in Admont dibangun pada tahun 1776, dirancang oleh arsitek Joseph Hueber dan merupakan perpustakaan biara terbesar di dunia. Memiliki desain kubah yang unik, dihiasi oleh lukisan Bartolomeo Altomonte yang menggambarkan tahapan ilmu pengetahuan manusia. Perpustakaan ini juga menyimpan 1.400 naskah tua dari St Peter Abbey.


3. Abbey Library in Kremsmünster, Austria

the most beautiful libraries

Perpustakaan ini dibangun antara tahun 1680 dan 1689 yang di desain oleh Carlo Antonio Carlone. Merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Austria dengan 160.000 koleksi buku, 1.700 manuskrip dan 2.000 incunabula. Koleksi buku yang paling berharga di perpustakaan ini adalah “Codex Millenarius”, sebuah Kitab Injil yang ditulis sekitar tahun 800 di Mondsee Abbey. Duplikat dari naskah kuno ini dapat ditemukan di sejumlah perpustakaan seluruh dunia.


4. Saxony State and University Library in Dresden, Germany

the most beautiful libraries

Saxon State Library, atau dalam bahasa Jerman Sächsische Landesbibliothek – Staats und Universitätsbibliothek Dresdenabbreviated (SLUB Dresden), terletak di Dresden, Jerman. Perpustakaan ini merupakan salah satu dari dua perpustakaan daerah yang dimiliki negara, selain perpustakaan akademik Dresden University of Technology. Dibangun pada tahun 1996 yang merupakan penggabungan dari perpustakaan Saxon State Library (SLB) dan State University Library Dresden (SUBD). Koleksi buku di perpustakaan ini hampir mencapai 9 juta! yang menjadikan salah satu pusat arsip publik terbesar di Jerman. Koleksi berharga di perpustakaan ini meliputi Codex Dresdensis, sebuah Al Quran berbentuk Octagonal dari tahun 1184 dan salinan Injil Petrus Schoeffer yang dicetak pada tahun 1462.


5. The City Library in Malmo, Sweden

the most beautiful libraries

Malmo City Library tarletak di kota Malmo, Swedia. Perpustakaan ini memiliki 550.00 koleksi dari berbagai media, sekitar 10.000 DVD, 33.500 CD musik. Pada tahun 2006 menjadi perpustakaan pertama di Swedia yang meminjamkan video game. Dibuka pertama kali pada tanggal 12 Desember 1905 yang kemudian pada tahun 1946 pindah ke dalam istana Regementsgatan. Saat ini perpustakaan memiliki tiga bangunan utama.


6. Konstanz University of Applied Sciences Library in Germany

the most beautiful libraries

Konstanz University of Applied Sciences Library tarletak di tepi danau Constance yang didirikan pada tahun 1966 yang memiliki lebih dari 1.100 staff dan lebih dari 9.000 komunitas mahasiswa. Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 2 juta buku, jurnal dan media lain. Selain media cetak, perpustakaan juga memiliki koleksi lebih dari 32.000 e-book, 28.000 e-jurnal dan 420 jaringan database. Hampir semua media dapat diakses selama 24 jam.


7. Leipzig University Library (aka Bibliotheca Albertina) in Germany

the most beautiful libraries

Leipzig University Library didirikan pada tahun 1542, setelah reformasi oleh rektor universitas, Casper Borner yang berhasil meyakinkan Duke of Saxony untuk menyumbangkan bangunan biara Dominika St Paul kepada Universitas Leipzig. Pada awal pembukaannya, perpustakaan memiliki sekitar 1.000 buku dan sekitar 1500 manuskrip. Peristiwa pemboman pada saat Perang Dunia II tahun 1943-1945 telah menghancurkan dua pertiga gedung Albertina Bibliotheca, sebuah bangunan bergaya Neo-Renaissance yang berdiri megah. lebih dari 42.00o koleksi perpustakaan hilang, beberapa ditemukan di perpustakaan Russia.


8. The University Library of Graz in Austria

the most beautiful libraries

University Library of Graz  merupakan perpustakaan sains terbesar di Styria dan terbesar ketiga di Austria. Perpustakaan ini merupakan bagian dari  Universitas Karl Franzen Graz yang terdiri dari perpustakaan utama, perpustakaan kedua (ilmu hukum, ilmu sosial ekonomi, dan teologi) dan beberapa cabang perpustakaan yang terbuka untuk umum. Menampung semua karya manuskrip dan cetak hingga tahun 1900. Beberapa naskah parlemen yang paling berharga adalah 5 Georgia tertua (abad 7- abad 11) yang ditemukan di biara St. Catherine di kaki gunung Sinai.


9. Vilnius University Library in Lithuania

the most beautiful libraries

Vilnius University Library atau sering disingkat VUL merupakan perpustakaan tertua dan salah satu perpustakaan akademik terbesar di Lithuania. Terletak di kota lama Vilnius yang berdekatan dengan istana Presiden Lithuania. Perpustakaan ini memiliki 5,4 juta koleksi dokumen di rak rak yang memiliki panjang 166 kilometer. Keanggotaan perpustakaan dapat diperoleh oleh mahasiswa universitas dan masyarakat umum. Pada tahun 2010 perpustakaan memiliki 28.420 anggota.


10. The Royal Library in Copenhagen, Denmark

the most beautiful libraries

The Royal Library in Copenhagen (Det Kongelige Bibliotek) merupakan perpustakaan nasional Denmark dan Kopenhagen University dan salah satu perpustakaan terbesar di negara-negara Nordik. Berisi berbagai macam dokumen sejarah, semua karya yang dicetak di Denmark sejak abad ke 17. Saat ini perpustakaan memiliki 4 bangunan yang terletak di Gothersgade, Kopenhagen, (khusus ilmu hukum dan sosial), Amager (khusus ilmu humaniora), Norre Per Alle (khusus ilmu pengetahuan alam dan kesehatan), dan perpustakaan utama di Slotsholmen terletak di dekat pelabuhan Kopenhagen meliputi berbagai ilmu dan beberapa koleksi khusus.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 10 Perpustakaan Terindah di Eropa Rating: 5 Reviewed By: Dhinta Putri