728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, July 3

Taukah Kamu, Mengapa Foto Albert Einstein Menjulurkan Lidahnya


Albert Einstein (lahir di Ulm, Kerajaan Württemberg, Kerajaan Jerman, 14 Maret 1879 – meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, 18 April 1955 pada umur 76 tahun) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia.

Bukan saja itu, yang lebih menggelikan ada salah satu foto Albert Einstein yang menjulurkan lidahnya.

Asal tahu tahu saja, foto-foto Albert Einstein menjulurkan lidah sangat mudah kita temui di cover majalah, poster dan kaos. Foto tersebut diambil oleh seorang fotografer bernama Arthur Sasse pada tangga 14 Maret 1951 di Princeton pada acara ulang tahun ke 72. Padahal sebenarnya, foto yang betul aslinya adalah Albert Einstein sedang duduk di kursi belakang mobil bersama dengan Dr. Fank Aydelotte dan istrinya.


Tetapi kenapa Albert Einstein harus menjulurkan lidahnya pada saat di foto? Inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang mengenai foto tersebut. Bahkan rumor yang berkembang di masyarakat kita menganggap agar menjadi jenius alias pintar maka kita harus mengeluarkan lidah dengan rambut yang acak-acakan.

Mmmmhhh..... padahal untuk menjadi jenius bukan berarti rambut kita harus acak-acakan dan mengeluarkan lidah bukan? Malah kalau kita lakukan itu, bisa disangka orang gila.

Cerita sebenarnya adalah pada saat itu, Albert Einstein dan Aydelotte baru saja pulang dari acara penghargaan Albert Einstein. Meskipun Einstein sudah duduk di kursi mobil, masih saja reporter dan fotografer mengejar beliau. Para wartawan pun berusaha menahan Albert Einstein, dan Albert Einstein berteriak : "sudah...sudah cukup. Ini cukup!".

Namun dasar wartawan, tetap saja mengajukan pertanyaan dan para fotografer terus mengambil gambarnya bersama kerabatnya. Ketika wartawan meminta kesediaan Albert Einstein untuk mengabadikan foto ulang tahunnya, akhirnya iapun menjadi letih dan kesal, lalu ia menjulurkan lidahnya, dengan nada mengejek. Momentum itu tidak disia-siakan oleh Arthur Sasse untuk mengabadikan foto Albert Einstein tersebut. Pret..pret..


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Taukah Kamu, Mengapa Foto Albert Einstein Menjulurkan Lidahnya Rating: 5 Reviewed By: Dhinta Putri