728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, July 16

Karya Sastra yang Mengguncang Sastra dan Masyarakat Dunia

Masyarakat dunia terbuai dan terkagum-kagum oleh kisah kasih Romeo dan Juliet karya Shakespears, padahal masih banyak karya sastra  percintaan yang luar biasa, jauh di atas nalar dan angan, masyarakat dunia saat itu. Sebuah karya yang mendobrak pintu-pintu yang terkunci, norma dan nilai, menjadikan moral dan imoral, bernilai menjadi tidak bernilai. Berikut adalah karya sastra yang mengguncang sastra dan masyarakat dunia:

1. Pride and Prajudice


Novel karya Jane Austen yang terbit di awal abad ke 19 ini, merupakan sebuah karya yang sangat unik, berbeda dengan karya roman pada umumnya. Novel ini menentang nilai dan norma yang dianut oleh masyarakat Inggris, khususnya sikap seorang perempuan dalam menghadapi dan memilih keputusan akan takdir cintanya.


2. The Hunchback of Notre Dame


Kisah romantis seorang pria bernama Quasimodo yang memberikan seluruh cintanya kepada seorang perempuan gypsi berparas cantik, Esmeralda. Padahal Quasimodo adalah seorang pria Prancis yang berwajah buruk, dan berbadan bungkuk, namun ia mendapatkan sebuah penerimaan yang tulus dari sang wanita. Roman ini ditulis oleh Victor Hugo.


3. Venus in Furs


Leopold Sacher Masoch, seorang penulis yang memopulerkan praktik masokisme, ia menuliskan novel ini sebagai sebuah obsesi terhadap kesenangan yang didominasi para perempuan cantik. Karakter utama dari roman Masoch ini mencoba mengungkapkan sebuah pelecehan nilai dan martabat seseorang yang dicintainya hanya untuk sebuah kesenangan. Bagaimanapun, ide mengenai tindakah pelecehan yang dilakonkan oleh “Gregor”. Seandainya tidak ada yang lain , Venus in Furs memperlihat bagaimana laki-laki dan perempuan sangat membutuhkan adanya sebuah pengertian satu sama lain dalam menyampaikan suatu hal.


4. Gone With The Wind


Sebuah novel percintaan yang diangkat dari kisah nyata yang tidak dipedulikan, karya terbaik Margaret Mitchell.  Setiap pembacanya mengetahui bahwa tokoh Rhett dan Scarlet saling mencintai. Rhet mengetahui dan merasakan rasa cintanya, namun sebaliknya bagi Scarlet O’hara. Sampai akhir kisah, Scarlet menikahi orang yang tidak dicintainya, walaupun segala upaya ia lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya.

5. Wuthering Height


Sebuah novel lainnya yang sensasional, novel ini menceritakan bagaimana dua bersaudara berlawanan jenis yang saling mencintai–Cathi dan Heathcliffe, dan menjadikan novel ini incestius. Sebuah hasrat yang dituliskan oleh  Bonte sangatlah kuat dan menggambarkan sebuah hubungan kasih yang menggelora. Novel ini pun banyak memperlihatkan sisi gelap dan sinis, pembunuhan terhadap binatang-binatang dan penculikan, yang dilakukan oleh seorang sosiopat bernama Heathcliff. (**)


sumber: uniknya.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Karya Sastra yang Mengguncang Sastra dan Masyarakat Dunia Rating: 5 Reviewed By: Dhinta Putri