728x90 AdSpace

Latest News
Friday, October 12

Ilmuwan Manfaatkan Bakteri Untuk Ciptakan Emas Murni 24 Karat

Selama ini yang kita tahu emas dapat ditemukan oleh para penambang khusus di sebuah sungai atau tambang. Tak banyak orang yang berhasil menjadi penambang yang dapat menemukan emas yang benar-benar murni. Oleh karena itu banyak sekali ilmuan yang mencoba menciptakan cara lain untuk dapat membuat emas dari bahan lain. Meski sudah banyak usaha yang dilakukan, namun para alkemis tetap saja tidak berhasil. Tapi sepertinya upaya itu kini hampir membuahkan hasil. Berkat pemahanan modern unsur-unsur kimia dan kemampuan untuk menggunakannya secara efektif, emas memang bisa dibuat (atau lebih tepatnya diekstraksi) di laboratorium dari unsur-unsur lainnya. Tapi prosedur ini terlalu mahal secara finansial. 

Prosedur yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan bakteri untuk mengubah beberapa bahan menjadi emas berharga. Memang mustahil namun inilah yang tengah dibuktikan para ilmuwan dengan cara memilih bakteri yang tepat. 

Cara ini diungkapkan  oleh dua peneliti (ahli mikrobiologi Kazem Kashefi dan elektronik artis Adam Brown dari Michigan State University ), yang menemukan bahwa bakteri tertentu – Cupriavidus metallidurans – dapat memakan emas (III) klorida, cairan yang sangat jahat dan beracun, dan efektif mengubah emas 24 karat menjadi nugget. Diyakini bahwa bakteri memainkan peran penting dalam menciptakan nugget emas yang ditemukan di alam. 

527742 140647069415049 452722051 n1 Ilmuwan Manfaatkan Bakteri Untuk Ciptakan Emas Murni 24 Karat

Klorida emas itu sendiri merupakan bahan yang sangat beracun bagi organisme hidup. Namun, hal ini bakteri tertentu mampu menahan tingkat sangat tinggi dari lingkungan yang beracun. Dan di situlah letak kemampuannya untuk mengasimilasi klorida emas dan dalam waktu seminggu, mengkonversi semua itu menjadi emas murni. 

xlarge 1 Ilmuwan Manfaatkan Bakteri Untuk Ciptakan Emas Murni 24 Karat

Para peneliti memberi makan bakteri   dengan klorida emas, dalam jumlah yang sebelumnya tidak pernah ada. Menurut mereka proses ini adalah proses yang dianggap sama dengan proses yang dilakukan alam. Dan dalam waktu sekitar satu minggu, bakteri mengubah racun dan menghasilkan nugget emas. 

Namun sayangnya cara ini bukanlah alternatif yang dapat dipilih bagi para pemburu emas, pasalnya biaya yang dikeluarkan untuk membuat emas murni dengan memanfaat kan bakteri dinilai sangat mahal. Bahkan biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan proses ini lebih mahal dibandingkan harga emas yang dihasilkan. 

Gizmodo


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ilmuwan Manfaatkan Bakteri Untuk Ciptakan Emas Murni 24 Karat Rating: 5 Reviewed By: Dhinta Putri